Pekanbaru

Mesin Pesawat F-16 Bisa Keluarkan Suara Mirip Ledakan Bom

Redaksi Redaksi
Mesin Pesawat F-16 Bisa Keluarkan Suara Mirip Ledakan Bom

Berkabar.com - Warga Pekanbaru, Provinsi Riau tiba-tiba digegerkan dengan dua dentuman mirip bom, Senin (18/7) sekitar pukul 14.50 WIB. Ternyata bunyi mirip bom ini dihasilkan mesin pesawat tempur jenis F-16. Kenapa bisa terjadi?

Komandan Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Roesmin Nurjadin, Marsma Henri Alfiandi menjelaskan, pesawat F-16 seperti yang dimiliki jajarannya merupakan pesawat tempur super sonic yang mampu terbang dengan kecepatan dua kali kecepatan suara.

"Jadi itu suara karena sockwave, gelombang kejut akibat pesawat menembus kecepatan suara," jawab Marsma Hendri Alfiandi kepada GoRiau.com, Senin sore.

Apalagi saat terjadinya suara mirip bom ini, Lanud Roesmin Nurjadin tengah menguji coba mesin pesawat tempur. "Kalau siap bongkar mesin atau perawatan, kita selalu uji terbang, nah kebetulan tadi kita lakukan di area aerodrome zero-zero," jabar dia.

Ketika itulah warga dikagetkan suara dua kali dentuman ini, yang sudah dikonfirmasi TNI AU berasal dari jet tempur F-16 milik Lanud Roesmin Nurjadin. "Kita minta maaf jika masyarakat resah, tapi ini sudah tugas kita," harapnya.

Lalu apa itu yang dimaksud dengan aerodrome? "Aerodrome itu kawasan atau tempat atau ruang udara yang digunakan untuk latihan," pungkas Danlanud, Marsma Henri Alfiandi.

(rdk/grc)

Penulis: Redaksi


Tag:Ledakan BomPesawat F-16TNI AU Roesmin Nurjadin