Ekonomi

Punya Gaji Pas-pasan? Begini Solusi Mengatur Keuangan yang Baik

Redaksi Redaksi
Punya Gaji Pas-pasan? Begini Solusi Mengatur Keuangan yang Baik

Berkabar.com - Setiap orang harus punya kemampuan mengatur keuangan yang baik agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dan memiliki tabungan masa depan.

Namun terkadang gaji yang kecil atau pas-pasan membuat orang sulit mengelola keuangan. Jangankan untuk menabung, terkadang gaji juga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tips Mengatur Keuangan yang Baik untuk Gaji Pas-pasan

Ketika membutuhkan dana darurat, namun tidak memiliki tabungan, Anda bisa gunakan aplikasi pinjam uang terbaik dan terpercaya seperti Tunaiku untuk mendapatkan pinjaman dengan mudah dan cepat.

Bagi Anda yang memiliki gaji pas-pasan Kok Anda harus bisa mengatur keuangan dengan baik dan tepat. Berikut ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Buat Anggaran

Sebelum mengeluarkan uang, alangkah baiknya jika Anda membuat anggaran belanja atau kebutuhan lebih dulu.

Anggaran ini terdiri dari daftar kebutuhan Anda setiap bulan baik kebutuhan pokok, kebutuhan sekunder atau tersier seperti belanja dapur, perawatan salon, dan lainnya.

Dengan membuat anggaran, Anda akan mendapatkan gambaran atau kisaran biaya yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

2. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Meskipun sudah membuat anggaran, alangkah baiknya jika Anda juga melakukan pencatatan keuangan untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran Anda selama ini.

Pasalnya seringkali terjadi pengeluaran tak terduga atau penghasilan tambahan.

Pastikan Anda mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan detail mulai dari konsumsi, internet, transportasi, paket data belanja pakaian dan lainnya.

Catatan keuangan ini memudahkan Anda untuk mengelola keuangan dengan tepat dan mengevaluasi pengeluaran setiap bulannya.

3. Utamakan Kebutuhan dibanding Keinginan

Jika anda memiliki gaji pas-pasan, anda harus bisa mengesampingkan keinginan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada banyak kewajiban yang harus Anda bayar mulai dari biaya listrik, internet, air, sewa rumah dan lainnya.

Jika Anda tidak memiliki uang lebih, alangkah baiknya Anda tidak tergoda untuk belanja hal-hal yang tidak dibutuhkan. Setidaknya Anda akan merasa tenang karena kebutuhan sehari-hari terpenuhi.

4. Menyisihkan Uang untuk Menabung

Meskipun anda memiliki gaji yang pas-pasan, namun usahakan Anda menyisihkan sedikit uang untuk menabung.

Tidak perlu besar-besar, cukup Rp100.000 setiap bulannya konsisten melakukannya. Uang tabungan ini nanti berguna untuk memenuhi keinginan Anda atau bisa dijadikan sebagai dana darurat.

Namun jika anda tidak memiliki dana darurat dan membutuhkan uang cepat Anda bisa menggunakan Tunaiku dari Amar Bank.

Tunaiku adalah salah satu produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. yang memberikan layanan pinjaman online untuk masyarakat.

Anda tak perlu khawatir, karena bank Amar sendiri sudah terdaftar serta diawasi OJK sejak tahun 2014 sehingga aman dan terpercaya.

Karena Tunaiku terdaftar di OJK, maka jangan heran jika banyak masyarakat Indonesia yang mempercayakan pinjaman online dengan Tunaiku dibandingkan aplikasi lainnya.

Tunaiku membantu Anda memberikan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan darurat atau sebagai modal usaha.

Ada banyak kelebihan aplikasi Tunaiku yang bisa Anda rasakan, mulai dari proses pinjaman yang mudah hanya dengan KTP tanpa NPWP maupun kartu kredit, sudah terdaftar di OJK sehingga aman dan terpercaya, jumlah pinjaman yang besar dengan waktu cicilan yang lama, serta transparan.

Cara mudah dapat pinjaman Tunaiku yaitu dengan memenuhi persyaratannya saja, seperti usia di atas 18 tahun, sebagai warga negara Indonesia (dibuktikan KTP). Anda bisa mengajukan pinjaman berapa pun yang Anda butuhkan hingga Rp20 juta.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan yang baik untuk Anda yang memiliki gaji pas-pasan. Meskipun gaji pas-pasan, namun selama Anda pintar mengelolanya, Anda bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menabung.

Penulis: Redaksi


Tag:Aplikasi TunaikuBank AmarBank Amar IndonesiaMenabungMengatur KuanganOJKTunaiku