Tekno

Pesan WA Kamu Terkirim Eee Ada yang Salah? Ngga Usah Bingung Begini Cara Mengeditnya Tanpa Menghapus

Redaksi Redaksi
Pesan WA Kamu Terkirim Eee Ada yang Salah? Ngga Usah Bingung Begini Cara Mengeditnya Tanpa Menghapus

BERKABAR.COM- Dalam era digital yang terus berkembang, komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat berkat adanya aplikasi pesan instan. Salah satu aplikasi yang telah merevolusi cara kita berkomunikasi adalah WhatsApp. WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, dengan jutaan pengguna di berbagai negara.
WhatsApp pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 oleh dua mantan karyawan Yahoo, Jan Koum dan Brian Acton. Aplikasi ini awalnya dirancang untuk menggantikan pesan SMS tradisional dengan mengirim pesan teks melalui koneksi internet. Namun, seiring berjalannya waktu, WhatsApp terus berkembang dan menambahkan berbagai fitur yang membuatnya semakin lengkap dan beragam.
Salah satu keunggulan WhatsApp adalah kemudahan penggunaannya. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, pengguna dapat dengan mudah mendaftar menggunakan nomor telepon mereka. WhatsApp juga secara otomatis mengimpor daftar kontak pengguna yang ada di telepon, sehingga memungkinkan pengguna untuk langsung terhubung dengan teman-teman mereka yang sudah menggunakan WhatsApp.
Fitur utama WhatsApp adalah pengiriman pesan teks, gambar, dan video secara instan. Pengguna dapat mengirim pesan individu atau membuat grup chat untuk berkomunikasi dengan beberapa orang sekaligus. Fitur panggilan suara dan panggilan video juga ditambahkan ke WhatsApp, memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan langsung dengan orang lain secara gratis melalui koneksi internet.
Selain itu, WhatsApp juga menawarkan berbagai fitur menarik lainnya. Fitur "Status" memungkinkan pengguna untuk membagikan foto, video, atau teks yang akan hilang setelah 24 jam. Fitur ini mirip dengan fitur Stories di platform media sosial lainnya. WhatsApp juga menyediakan fitur "WhatsApp Web" yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengirim pesan melalui browser komputer mereka.
Satu aspek penting dari WhatsApp adalah keamanannya. Aplikasi ini menggunakan enkripsi end-to-end yang kuat, yang berarti pesan yang dikirim antara pengguna dienkripsi dan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima. Ini memberikan lapisan keamanan tambahan dan melindungi privasi pengguna.

WhatsApp juga menjadi platform yang penting dalam berbagai konteks, termasuk bisnis. Fitur "WhatsApp Business" memungkinkan perusahaan dan pengusaha kecil untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka melalui WhatsApp. Mereka dapat membuat profil bisnis, mengirim pesan pemberitahuan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan mudah.
Namun, seperti halnya dengan setiap aplikasi, WhatsApp juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah masalah privasi. Meskipun pesan dienkripsi, WhatsApp memiliki akses ke kontak dan metadata pengguna. Beberapa pengguna juga mengkhawatirkan penanganan data pengguna oleh perusahaan induk WhatsApp, Facebook.
Selain itu, terkadang WhatsApp juga dapat menjadi sarana penyebaran berita palsu (hoaks) dan pesan yang tidak sah. Oleh karena itu, penting
Oleh karena itu, penting bagi pengguna WhatsApp untuk tetap waspada dan kritis terhadap informasi yang mereka terima. Verifikasi kebenaran informasi sebelum membagikannya dan berhati-hati terhadap pesan yang mencoba memanipulasi atau menyesatkan.
WhatsApp juga telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini dengan memperkenalkan fitur "Tanda Centang Ganda" yang menunjukkan bahwa pesan telah diterima dan dibaca oleh penerima. Hal ini membantu pengguna untuk memverifikasi keaslian pesan dan mengetahui apakah pesan telah sampai ke tujuan.

Selain itu, ada juga tantangan dalam mengelola privasi dan keamanan di WhatsApp. Pengguna harus berhati-hati dengan pengaturan privasi mereka dan memilih untuk membatasi akses atau membatasi tampilan informasi pribadi mereka.
WhatsApp juga telah memperkenalkan fitur "Mode Gelap" yang memungkinkan pengguna mengubah antarmuka aplikasi menjadi latar belakang yang gelap. Selain memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dalam kondisi pencahayaan rendah, fitur ini juga membantu mengurangi tekanan pada mata dan menghemat daya baterai perangkat.
Dalam beberapa tahun terakhir, WhatsApp juga telah menghadapi tantangan terkait penyebaran konten negatif, kebencian, dan disinformasi. Untuk mengatasi masalah ini, WhatsApp telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi penyebaran pesan massal dan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mengidentifikasi dan menghapus konten yang melanggar kebijakan platform.
WhatsApp terus berinovasi dan mengembangkan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Namun, dengan pertumbuhan yang pesat dan popularitasnya yang tinggi, WhatsApp juga perlu terus meningkatkan keamanan, privasi, dan upaya untuk melawan penyebaran konten negatif.
Dalam keseluruhan, WhatsApp telah mengubah cara kita berkomunikasi dan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Dengan kemudahan penggunaan, fitur yang beragam, dan keamanan yang kuat, WhatsApp tetap menjadi aplikasi pesan instan yang populer dan terus menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia.
Fitur Terbaru Cara Mengedit Pesan
Dikutip dari kompas.com, dilaporkan whatsApp akan merilis fitur terbaru yaitu "Message Editing" yang memungkinkan untuk pengguna mengedit pesan yang telah mereka kirimkan, tanpa perlu menghapusnya. Dilansir dari situs resmi WhatsApp, Selasa (23/5/2023), fitur terbaru ini rencananya akan mulai diluncurkan untuk pengguna secara global dan akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu mendatang.
Fitur edit pesan ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk memiliki kontrol lebih besar atas obrolan mereka, seperti mengoreksi salah eja, atau menambahkan lebih banyak konteks ke pesan. Chat bisa diedit 15 menit setelah dikirim
Meskipun pesan yang dikirim bisa diedit, namun WhatsApp membatasi durasi pengeditan pesan hanya dalam waktu 15 menit setelah pesan terkirim. Setelah diedit, nantinya WhatsApp tidak akan menampilkan riwayat pengeditan yang bisa dilihat oleh pengirim maupun penerima pesan. WhatsApp akan memberikan label bertulis "diedit" untuk pesan tersebut
Lantas bagaimana cara untuk mengedit pesan WhatsApp yang sudah terkirim tanpa harus menghapusnya? Cara mengedit pesan WhatsApp yang sudah terkirim.
Dikutip dari Techcrunch, Mark Zuckerberg menuliskan dalam postingan Facebook miliknya bahwa pengguna WhatsApp sekarang bisa mengubah pesan dalam waktu 15 menit setelah mengirim pesan. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:
-Tekan dan tahan pesan yang telah terkirim untuk diedit.
-Kemudian pilih "opsi edit" untuk mengubah isi pesan tersebut. Tulis pesan yang ingin Anda kirimkan.
- Jika sudah, Anda bisa mengirimkan kembali pesan tersebut.
-Pesan yang diedit akan memiliki tag "diedit" di samping stempel waktu untuk menandai perubahan.
Nah dengan kemudahaan ini tidak berarti kita tidak fokus, seyogianya sebelum mengirim pesan harus diperhatikan segala aspek sehingga tidak menimbulkan masalah. Selamat mencoba


Penulis: Redaksi