Tekno

Ingin Menikmati Musik Offline dan Online Gratis? Ini 21 Aplikasi Terbaik dengan Kualitas Tinggi

Redaksi Redaksi

BERKABAR-COM-Musik telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia sepanjang sejarah. Baik sebagai sumber hiburan, ungkapan emosi, atau bahkan sebagai sarana untuk mengatasi stres, musik memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mempengaruhi suasana hati dan memperkaya pengalaman kita. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keunikan dan kelebihan dari dua dunia musik yang populer saat ini: musik offline dan musik online.

Musik Offline: Membumi dalam Pengalaman Tanpa Batas
Musik offline mengacu pada musik yang kita dengarkan melalui alat pemutar musik tradisional seperti CD, kaset, atau file musik yang diunduh secara langsung ke perangkat kita. Salah satu keuntungan utama dari musik offline adalah kebebasan dalam mendengarkan musik di mana pun dan kapan pun kita mau tanpa bergantung pada koneksi internet. Kita dapat membuat daftar putar pribadi yang disesuaikan dengan selera musik kita dan menikmatinya saat bepergian, berolahraga, atau saat bersantai di rumah.

Selain itu, musik offline juga memberikan pengalaman yang lebih langsung dan intim. Kita dapat memegang fisik album atau kaset, membaca lirik lagu, dan menikmati suara musik yang berkualitas tinggi melalui perangkat audio yang baik. Selain itu, koleksi musik offline kita dapat menjadi suatu bentuk warisan dan ekspresi identitas pribadi yang dapat kita bagikan dengan orang lain.
Namun, ada juga beberapa keterbatasan dalam musik offline. Kita terbatas pada musik yang telah kita miliki atau membeli, dan tidak memiliki akses langsung ke musik baru atau terbaru kecuali dengan memperbarui koleksi kita secara teratur. Selain itu, terkadang pengiriman fisik seperti CD dan kaset membutuhkan ruang penyimpanan yang signifikan.
Musik Online: Membuka Pintu Menuju Dunia yang Tidak Terbatas
Musik online, di sisi lain, telah merevolusi cara kita mendengarkan dan menemukan musik. Layanan streaming musik seperti Spotify, Apple Music, atau Deezer memungkinkan kita mengakses jutaan lagu dengan mudah melalui koneksi internet. Kita dapat menjelajahi berbagai genre, membuat daftar putar berdasarkan suasana hati, atau mengikuti rekomendasi yang disesuaikan dengan preferensi kita.
Keunggulan musik online adalah keberagaman dan ketersediaan musik yang tak terbatas. Kita dapat menemukan musik dari seluruh dunia, mengeksplorasi artis baru, dan mendengarkan album yang baru dirilis dengan cepat. Selain itu, dengan fitur berbagi musik, kita dapat berinteraksi dengan teman-teman atau komunitas musik online, memperluas wawasan musik kita, dan menemukan kesamaan dalam selera musik.
Musik online juga menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas dalam mendengarkan musik di berbagai perangkat. Kita dapat meng
User
akses musik melalui smartphone, tablet, atau komputer, dan dengan fitur unduh offline, kita dapat mendengarkan musik bahkan tanpa koneksi internet. Ini memungkinkan kita untuk menikmati musik di perjalanan atau di tempat-tempat dengan keterbatasan akses internet.

Namun, musik online juga memiliki beberapa kelemahan. Terkadang, terlalu banyak pilihan musik dapat membuat kita bingung atau sulit memilih. Selain itu, tergantung pada koneksi internet yang kita miliki, buffering atau lag saat memutar musik dapat mengganggu pengalaman mendengarkan kita. Selain itu, layanan streaming musik biasanya memerlukan langganan berbayar, meskipun ada juga opsi gratis dengan batasan tertentu.
Menyatukan Keunikan Kedua Dunia Musik
Meskipun ada perbedaan antara musik offline dan online, keduanya memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Sebenarnya, tidak ada yang harus memilih satu dari keduanya, karena keduanya dapat dikombinasikan untuk memaksimalkan pengalaman musik kita.
Kita dapat membangun koleksi musik offline yang kita sukai, sambil tetap mengikuti perkembangan musik online dan menemukan artis baru yang menarik. Kita dapat menggunakan layanan streaming musik untuk mendengarkan lagu-lagu baru atau menemukan daftar putar yang disusun oleh orang lain, sementara tetap menjaga dan memperbarui koleksi musik offline kita.
Pada akhirnya, musik adalah tentang kenikmatan, ekspresi, dan konektivitas. Baik itu melalui musik offline yang memberikan sentuhan fisik dan pengalaman pribadi yang mendalam, atau melalui musik online yang memperluas horison musik kita dan membawa kita ke dunia yang luas dan beragam, kita dapat menikmati kedua sisi ini untuk menciptakan pengalaman musik yang lebih kaya dan memuaskan.
Tentu saja, pilihan antara musik offline dan online adalah hal yang subjektif, tergantung pada preferensi dan gaya hidup masing-masing individu. Yang terpenting, terlepas dari cara kita mendengarkan musik, mari kita terus merayakan keindahan dan kekuatan musik dalam kehidupan kita, dan menghargai keragaman budaya dan kreativitas yang tersimpan di dalamnya.
Terbaik 2023, Audio Kualitas Tinggi!
Aplikasi musik terbaik bisa mendukung hobi mereka yang tidak bisa lepas dari kegiatan mendengarkan lagu favorit. Aplikasi ini hampir pasti selalu dibutuhkan oleh para pengguna smartphone.

Dikutip dari jalantikus.com, sekarang, kita dapat dengan mudah mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja melalui aplikasi musik. Sebagian aplikasi ini bahkan memiliki fitur untuk download lagu MP3, sehingga bisa didengarkan secara offline.
Namun, memilih aplikasi musik yang sesuai dengan kebutuhan kita bisa jadi sangat membingungkan. Tak perlu khawatir dan merasa dilema, kamu bisa simak rekomendasi aplikasi musik terbaik 2023 pilihan tim JalanTikus berikut.
1. Spotify
Spotify adalah salah satu 'perpustakaan' musik terbesar yang menyediakan berbagai musik dari berbagai zaman, genre dan artis manapun yang bisa kamu dengarkan.
Kalau kamu mendaftar menjadi anggota premium, kamu bisa menikmati fasilitas ekstra yang tidak diberikan kepada pengguna gratis.
Apalagi, aplikasi musik terlengkap ini memiliki versi Lite yang lebih ringan dan lebih hemat data.
Hanya saja, kamu tidak akan bisa mendengarkan musik secara offline dan tidak mendapatkan audio berkualitas tinggi.
Kelebihan
Pilihan lagu paling lengkap dibandingkan aplikasi manapun.
User Interface sederhana dan sangat mudah digunakan.
Algoritma untuk memberikan rekomendasi kepada pengguna bagus.
Kekurangan
Versi gratis memiliki banyak iklan.
Memiliki terlalu banyak tahapan untuk mengakses versi premium.
Keterangan Spotify
Developer Spotify Ltd.
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (14.044.371)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 100.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat
>>>Download Spotify APK Android 2023<<<
2. TIDAL Music
Masih terdengar sedikit asing? Hal itu wajar, sebab TIDAL Music merupakan aplikasi musik terbaru yang diciptakan oleh rapper dunia, Jay-Z. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk mempromosikan karya para artis atau musisi, lho.

Aplikasi ini bahkan diklaim sebagai layanan musik pertama di dunia dengan kualitas suara High Fidelity dan memiliki lebih dari 50 juta judul lagi yang bisa kamu dengarkan.
Menariknya, aplikasi ini juga memiliki konten editorial yang dikurasi langsung oleh para pakar dan jurnalis musik.
Kelebihan
Kualitas suara High Fidelity
Fitur Editorial
Kekurangan
Harus berlangganan jika ingin menikmati kualitas suara High Fidelity.
Tidak ada filter untuk mencari musik berdasarkan genre.
Keterangan TIDAL Music
Developer TIDAL
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.0 (295.952)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 10.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat
Download pada tautan berikut: TIDAL Music via Google Play Store
3. Apple Music (Android Juga Bisa)
Meski dikenal sebagai rival Android, Apple nyatanya mempersilakan aplikasi musiknya beredar di Google Play Store.
Apple Music sendiri memiliki lebih dari 40 juta lagu yang bisa kita dengarkan baik secara online maupun offline. Aplikasi ini juga dapat menampilkan rilik lagu secara langsung.
Tidak cukup di situ, kamu juga bisa melihat konten eksklusif jika memutuskan untuk berlangganan layanannya. Walaupun HP-mu HP Android, kamu akan bisa menikmati sensasi memiliki iPhone
Kelebihan
+60 juta lagu tersedia.
Fitur online & offline lengkap.
Kualitas musik di atas rata-rata.

Update lagu termasuk cepat.
Kekurangan
Lagu yang sudah dibeli di iTunes kadang tak bisa tersinkronisasi dengan baik.
Susah untuk masuk ke Apple ID.
Tampilan aplikasi masih sedikit berantakan.
Server untuk musik streamingnya terkadang bermasalah.
Keterangan Apple Music
Developer Apple Inc.
Ulasan (Jumlah Pengulas) 3.5 (274.745)
Ukuran 43MB
Instal 10.000.000+
Android Minimum 4.3
Download Apple Music pada tautan berikut:
Apple Music Icon
Apple Music 0.9.0
Apps Video & Audio Apple Inc
DOWNLOAD
4. Deezer
Buat yang kurang familiar, Deezer adalah aplikasi layanan streaming dan pemutar musik lokal. Selain sebagai aplikasi musik online, Deezer juga memiliki fitur untuk mengedit musik dan membuat playlist lebih personal.
Kalau kamu ingin pengalaman penuh, kamu bisa upgrade menjadi Deezer Premium. Kamu tidak akan mendapatkan iklan, bisa menggunakan mode offline, kualitas suara mencapai 320kBps, dan masih banyak lainnya.
Untuk koleksi lagunya sendiri ada sekitar 56 juta lagu yang bisa kamu dengarkan secara online ataupun offline. Tentu kamu harus mendownload lagunya terlebih dahulu agar bisa mendengarkannya secara offline.
Kelebihan
Kualitas suaranya mantap.
Kekurangan
Lagu sering macet ketika dimainkan.
Lagu tidak bisa didownload untuk versi non-premium.

Iklan bisa muncul hampir di setiap lagu.
Keterangan Deezer
Developer Deezer Mobile
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.1 (1.623.741)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 100.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat
>>>Download Deezer APK Android 2023<<<
5. iHeartRadio
iHeart Radio sebenarnya adalah salah satu jaringan radio ternama asal New York, Amerika Serikat. Banyak siaran podcast yang bisa kamu dengarkan untuk menemani hari-harimu.
Kamu juga bisa mendengarkan radio-radio dari seluruh dunia seperti Australia dan Selandia Baru. Suka Ted Talks? Di sini ada!
Namun, radio ini juga menyediakan layanan streaming untuk mendengarkan musik online. Selain itu, ada pula fitur untuk personalisasi musik berdasarkan artis, genre, dan histori musik kita.
Kelebihan
Fitur personalisasi akurat.
Rekomendasi lagu tepat.
Memiliki banyak siaran podcast berkualitas dari seluruh dunia.
Kekurangan
Tidak terlalu populer di Indonesia.
Beberapa pengguna mengalami kesusahan untuk melakukan pembuatan akun dan login.
Keterangan iHeartMedia VIP
Developer iHeartMedia VIP
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.0 (298)
Ukuran 12MB
Instal 50.000+
Android Minimum 4.0.3
Download pada tautan berikut: iHeartRadio via Google Play Store

6. Poweramp
Berbeda dari aplikasi lainnya, Poweramp bukanlah aplikasi yang memiliki layanan streaming musik. Namun, aplikasi lagu offline ini memiliki berbagai fitur unggul misalnya untuk mengontrol suara dan memutar berbagai tipe file lagu.
Aplikasi pemutar musik terbaik 2020 ini bisa digunakan secara gratis. Akan tetapi, kamu bisa mendapatkan versi penuh dengan membelinya di Play Store dengan harga Rp43.000 saja.
Kelebihan
Output audio berkualitas dan terdengar sangat jernih.
Bassnya terasa mantap.
Banyak fitur-fitur yang akan meningkatkan pengalaman kita dalam mendengarkan musik.
Kekurangan
Video terdeteksi sebagai lagu.
Tampilan yang cukup ribet.
Versi gratis hanya bisa digunakan dalam waktu terbatas.
Keterangan Poweramp Music Player (Trial)
Developer Max MP
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.4 (1.262.295)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 50.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat
Download Poweramp Music Player pada tautan berikut:
Poweramp Icon
Poweramp Music Player
Apps Video & Audio Max MP
DOWNLOAD
7. TuneIn Radio
Hampir serupa dengan iHeart Radio, aplikasi ini memungkinkan kita mendengarkan siaran radio melalui Internet.

Jika kita mendaftar sebagai pengguna premium di aplikasi TuneIn Radio, maka kita akan bisa mendengarkan berbagai macam siaran olahraga, musik tanpa iklan, dan beberapa keunggulan lainnya.
Aplikasi ini menekankan siaran radio untuk olahraga basket (NBA) dan sepakbola Amerika (NFL). Kalau kamu penggemar kedua olahraga tersebut, aplikasi ini bakal cocok banget untuk kamu.
Kelebihan
Suara audio jernih.
Kualitas streaming bagus dan hampir tidak pernah mengalami masalah yang berarti.
Siaran radio terlengkap, termasuk radio Indonesia.
Kekurangan
Butuh koneksi internet yang stabil.
Ada beberapa radio yang error dan tidak bisa diakses.
Iklan termasuk banyak.
Keterangan TuneIn
Developer TuneIn Inc
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.4 (1.645.221)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 100.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat
Download pada tautan berikut: TuneIn Radio via Google Play Store
8. Jango Radio
Salah satu aplikasi musik online terbaik di Android ini menyediakan beragam musik bukan hanya dari musisi mainstream tapi juga independen.
Menurut Jaka, Jango Radio benar-benar layak kamu coba karena ia bisa digunakan secara gratis tanpa iklan! Bagi sobat misqueen, hal tersebut merupakan sebuah anugerah.
Jango Radio bahkan disebut beberapa reviewer sebagai aplikasi musik "wildcard". Contoh media yang memberikan ulasan positif antara lain CNet, USA Today, hingga Wall Street Journal.
Kelebihan

Pilihan lagunya banyak dan gratis.
Antarmuka mudah dipahami.
Tidak memiliki iklan.
Bisa digunakan di HP maupun laptop.
Kekurangan
Tidak ada lirik lagu.
Beberapa user mengeluhkan masalah login.
Keterangan Jango Radio
Developer Jango.com
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.5 (112.355)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 5.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat
>>>Download Jango Radio APK Android<<<
9. MediaMonkey
MediaMonkey adalah aplikasi yang mirip dengan Poweramp. Bukan menyediakan layanan streaming, aplikasi yang satu ini termasuk jenis aplikasi music manager.
Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengatur susunan musik kamu jadi lebih menarik. Selain itu, MediaMonkey juga bisa mengkaterogikan semuanya dalam genre, artis, judul, dan sebagainya.
Kelebihan
Audio yang dihasilkan berkualitas.
Suara kencang dan membahana.
Fiturnya lengkap dengan tampilan yang sederhana.
Kekurangan
Masih memiliki beberapa bug.
Equaliser yang dimiliki tidak terlalu baik.
Cukup rakus memakan RAM.
Keterangan MediaMonkey
Developer Ventis Media, Inc.
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.5 (112.355)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 500.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat
>>>Download MediaMonkey Android APK<<<
10. Joox
Aplikasi yang satu ini bisa dibilang salah satu yang paling populer di Indonesia. Joox merupakan aplikasi musik online dengan fitur yang lengkap.
Selain mendengarkan lagu secara gratis, kamu juga bisa mengakses berbagai playlist dengan pilihan lagu yang dikurasi secara unik. Pastinya, sesuai dengan selera musikmu.
Kamu bisa mendapatkan fitur radio, rekomendasi playlist, hingga berkaraoke ria. Kamu juga bisa menonton video musik melalui APK musik online terbaik ini.
Kelebihan
Tampilan sederhana dan mudah dipahami.
Koleksi lagu cukup lengkap.
Kekurangan
Butuh memori internal yang cukup besar.
Pengaturan equaliser kurang memuaskan.
Fitur share masih kurang bagus.
Keterangan Joox
Developer Tencent Mobility Limited
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (5.056.238)
Ukuran 90MB
Instal 50.000.000+
Android Minimum 4.1
>>>Download JOOX Android APK<<<
11. LangitMusik
LangitMusik merupakan aplikasi musik online buatan anak bangsa loh, lur! Kamu bisa mengakses ke artis-artis favoritmu secara mudah dan cepat.
Kualitas yang dimiliki juga enggak kalah keren dengan aplikasi lainnya. Apalagi, koleksi lagu yang dimiliki oleh aplikasi musik gratis tanpa kuota ini juga komplit.
Antarmuka yang dimiliki oleh aplikasi ini juga sederhana dan mudah dipahami. Kalau kamu pengguna Telkomsel, kamu bisa mendengarkan lagu tanpa harus takut kehabisan kuota!

Kelebihan
Aplikasi Ringan.
Lagu cukup lengkap.
Kekurangan
Jika ada lagu baru tidak langsung update.
Terkadang koneksi untuk streaming bermasalah.
Beberapa lagu yang sudah didownload tidak bias didengarkan secara offline.
Keterangan LangitMusik
Developer MelOn Indonesia
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.0 (61.044)
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal 1.000.000+
Android Minimum Bervariasi berdasarkan perangkat
Download LangitMusik pada tautan berikut:
Langitmusik Icon
Langit Musik
Apps Video & Audio Melon
DOWNLOAD
12. AudioMack
Selanjutnya ada aplikasi AudioMack nih geng. Aplikasi ini menyediakan layanan streaming dan download lagu juga, loh. Kalau kamu sukanya sama artis yang tidak terlalu terkenal, mungkin akan kamu temukan di sini.
Di Play Store, aplikasi musik Android ini mendapatkan rating yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Mungkin alasannya adalah karena banyaknya fitur yang diberikan.
Salah satunya adalah kemampuannya untuk didengarkan secara offline. Lalu ada playlist otomatis yang dibuat berdasarkan suasana hati, genre, dan lain sebagainya.
Kelebihan
Banyak lagu cover.
Koleksi artis luar cukup lengkap.
Fitur downloadnya termasuk mudah digunakan.

Kekurangan
Lagu kurang lengkap.
Tidak ada lagu Indonesia.
Ketika dimainkan suka berhenti sendiri.
Terkadang suka logout sendiri dari aplikasi.
Keterangan Audiomack
Developer Audiomack
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.6 (2.217.548)
Ukuran 16MB
Instal 10.000.000+
Android Minimum 4.1
Download pada tautan berikut: AudioMack via Google Play Store
13. SoundCloud
Selanjutnya ada Soundcloud. Kamu yang sering bikin cover lagu pasti enggak asing deh sama yang satu ini. Kamu juga bisa nikmatin lagu-lagu lainnya secara online.
Kamu bisa menemukan lagu baru yang sedang menjadi tren. Tidak hanya musik, kamu juga bisa mendengarkan podcast, komedi, hingga berita terkini.
Kalau kamu bercita-cita untuk menjadi penyanyi cover, aplikasi ini bakalan cocok banget sama kamu. Kamu bisa merekam suaramu dan membagikannya ke media sosial seperti Facebook dan Twitter.
Kelebihan
Banyak lagu cover.
Bisa merekam suara sendiri agar didengarkan pengguna lain.
Dalam kondisi sinyal jelek masih bisa didengarkan.
Kekurangan
Login termasuk susah.
Susah untuk mengintegrasikan aplikasi ini dengan layanan lain seperti Facebook ataupun Gmail.
Aplikasi kerap keluar sendiri.
Keterangan SoundCloud
Developer Audiomack
Ulasan (Jumlah Pengulas) 4.5 (3.928.939)
Ukuran 23MB
Instal 100.000.000+
Android Minimum 4.4
>>>Download SoundCloud Android APK<<<
14. YouTube Music
Google memiliki aplikasi YouTube Music yang cukup banyak digunakan, geng. Kalau kamu berlangganan YouTube Premium, kamu juga akan mendapatkan paket langganan aplikasi ini.
Aplikasi ini memiliki koleksi lagu yang cukup lengkap dan terlihat menjanjikan. Paketnya dengan YouTube Premium membuatnya menjadi paket hemat yang menyenangkan.
Hanya saja, versi gratisnya sedikit menyebalkan untuk sebagian besar pengguna. Kamu tidak akan bisa memainkan lagu melalui latar belakang jika belum berlangganan versi premiumnya.
Kelebihan
Tampilan aplikasi lebih menarik.
Koleksi musik cukup lengkap.
Kekurangan
Banyak user experience yang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengguna.
Tidak bisa dimainkan di latar belakang kalau belum premium.
Masih sering mengalami bug seperti berhenti memutar musik tiba-tiba
Lagu yang telah didownload kerap bermasalah.
Detail YouTube Music
Developer Google LLC
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 1.000.000.000 ke atas
Rating 4.3/5 (3.672.653)
Download YouTube Music APK pada tautan berikut:
Youtube Music F933e
YouTube Music 1.03.12
Apps Video & Audio Google Inc.
DOWNLOAD
15. Shazam
Selanjutnya ada aplikasi Shazam yang dikembangkan oleh Apple. Aplikasi yang satu ini mampu terhubung secara cepat ke aplikasi Apple Music.
Salah satu fitur utama dari aplikasi ini adalah mengidentifikasi lagu yang tidak kamu ketahui. Cukup tekan satu kali dan arahkan HP-mu ke sumber suara, maka kamu akan mengetahui apa judul lagu tersebut.
Kamu juga bisa menemukan orang lain disekitarmu yang juga menggunakan Shazam. Bisa jadi kesempatan untuk mencari jodoh nih, geng!
Kelebihan
Bisa mengindentifikasi lagu dengan cepat.
Koleksi lagu cukup lengkap.
Kekurangan
Setelah update, banyak pengguna yang mengeluhkan aplikasi ini tidak bisa mendeteksi lagu dengan baik.
Banyak yang menanggap aplikasi ini mengalami penurunan kualitas setelah diakuisisi oleh Apple.
Detail Shazam
Developer Apple, Inc.
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.4/5 (3.623.745)
16. Resso (Beta)
Selanjutnya ada aplikasi Resso yang masih rilis dalam mode beta. Aplikasi musik terbaru yang satu ini memang baru saja rilis.
Walaupun begitu, aplikasi ini memiliki koleksi lagu yang cukup lengkap dengan tampilan aplikasi yang cukup menarik.
Kamu juga bisa melakukan sinkronisasi lirik ke lagu-lagu favoritmu. Banyak yang menganggap aplikasi ini memiliki potensi yang besar di masa depan
Kelebihan
Tampilan aplikasi bagus dan menyenangkan untuk dilihat.
Banyak fitur out of the box yang tersedia.
Kekurangan

Masih terdapat banyak bug di sana-sini.
Koleksi lagu belum terlalu lengkap.
Detail Resso (Beta)
Developer Moon Video Inc.
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 21MB
Download 10.000 ke atas
Rating 4.2/5 (294)
17. IDAGIO
Apakah kamu termasuk penikmat musik klasik? Kalau iya, Jaka akan sangat menyarankan kamu untuk mengunduh aplikasi bernama IDAGIO yang satu ini.
Kamu akan bisa mendengar banyak banget lagu klasik yang langka dan eksklusif. Dijamin, kamu akan kesusahan mencari lagu-lagu yang tersedia di aplikasi ini melalui aplikasi lain.
Kamu juga bisa mencari komposer, solois, hingga orkestra favoritmu dengan mudah. Kamu bisa memilih lagu favoritmu dimainkan oleh musikus yang menurutmu paling ahli memainkannya.
Kelebihan
Banyak lagu klasik yang langka.
Kekurangan
Banyak bug.
Tidak bisa melakukan filter dengan baik.
Harus berlangganan agar mendapatkan pengalaman maksimal.
Detail IDAGIO
Developer Classical Music Streaming - IDAGIO
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 26MB
Download 100.000 ke atas
Rating 4.3/5 (2.236)
18. Musicxmatch
Aplikasi Musicxmatch yang satu ini sering mempromosikan dirinya sebagai aplikasi yang mampu menampilkan lirik dari lagu apa saja yang kamu inginkan.

Musicxmatch mampu menampilkan lirik baik dari lagu yang tersimpan di perangkatmu ataupun layanan streaming seperti Spotify. Kalau kamu gemar bernyanyi, pasti suka sama aplikasi yang satu ini.
Aplikasi ini memiliki fitur unik bernama Floating Lyrics yang akan menampilkan lirik secara mengambang ketika kamu membuka aplikasi lain. Kamu juga bisa mengidentifikasi lagu menggunakan aplikasi ini.
Kelebihan
Bisa mendeteksi lagu menggunakan mic.
Memiliki fitur floating lyric yang sangat berguna.
Kekurangan
Floating lyric terkadang mengganggu.
Terkadang menampilkan lirik lagu yang salah jika judulnya sama.
Detail Musicxmatch
Developer Musicxmatch
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 50.000.000 ke atas
Rating 4.5/5 (1.988.337)
19. SoundHound
Sama seperti Shazam, aplikasi SoundHound juga bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi lagu yang membuatmu penasaran. Aplikasi ini memanfaatkan mic dan koneksi data untuk melakukannya.
Aplikasi ini juga mampu menampilkan lirik lagu secara live. Yang menarik, aplikasi ini juga mampu dikendalikan dengan menggunakan kendali suara.
Kalau kamu sering menggunakan aplikasi seperti Spotify ataupun Apple Music, kamu juga bisa mengintegrasikannya dengan aplikasi ini.
Kelebihan
Bisa mengidentifikasi lagu dengan cepat.
Bisa menyimpan lagu yang direkam.
Kekurangan
Banyak iklan dan popup yang muncul.
Detail SoundHound
Developer SoundHound Inc.
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000.000 ke atas
Rating 4.6/5 (820.451)
20. Bandcamp
Aplikasi selanjutnya yang ada di daftar ini adalah Bandcamp, platform musik lain yang berfokus pada musikus indie dan laberl kecil.
Siapapun bisa menjual karya mereka melalui aplikasi ini sembari berharap ada orang lain yang bisa menikmati musik mereka.
Kamu bisa menelusuri katalog Bandcamp yang terdiri dari beragam genre. Sayangnya, aplikasi ini belum terlalu populer di Indonesia.
Kelebihan
Menjadi wadah yang pas untuk musikus indie dan label kecil.
Sama bagusnya dengan versi websitenya.
Kekurangan
Hanya bisa streaming.
Banyak yang mengalami permasalahan dengan proses login.
Detail Bandcamp
Developer Bandcamp, Inc.
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran 11MB
Download 1.000.000 ke atas
Rating 4.0/5 (22.797)
21. Pandora: Music and Podcasts
Pandora adalah salah satu aplikasi musik terbaik. Nggak cuma mendengarkan musik, tapi kamu juga bisa mengakses berbagai podcast dengan beragam tema, loh.
Kamu bisa mendengarkan ribuan genre musik yang diiringi dengan informasi terkini seputar rekomendasi lagu-lagu terbaru paling hit. Ada dua layanan, yakni reguler dan premium berbayar.
Kelebihan
Ada podcasts.

Ada informasi terkini soal dunia musik.
Kekurangan
Berbayar.
Ada kasus koleksi lagu yang terhapus.
Lagu tiba-tiba berhenti sendiri.
Detail Pandora
Developer Bandcamp, Inc.
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 100.000.000 ke atas
Rating 3.0/5
Nah itulah 21 aplikasi yang bisa kamu coba. Selamat menikmati music kesukaanmua sambil menjalankan aktivitasmu guys.***

Penulis: Redaksi