Rohil

Wagubri Tutup MTQ ke-40, Rohil Juara Umum, Dumai Urutan Buncit

Redaksi Redaksi
Wagubri Tutup MTQ ke-40, Rohil Juara Umum, Dumai Urutan Buncit

Bupati Rohil Afrizal Sintong, menerima piala setelah Kabupaten Rohil dinyatakan juara Umum perhelatan MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022, Jumat (29/7/2022) malam di Bagansiapiapi.(f: ist)

BERKABAR.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Riau Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution secara resmi menutup perhelatan Musabaqoh Tilawatil Al-Quran (MTQ) ke-XL Tingkat Provinsi Riau yang dipusatkan di lapangan MTQ Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Jumat (29/7/2022) malam di Bagansiapiapi.

Dalam perhelatan MTQ ke-40 kali ini, tuan rumah Kabupaten Rohil keluar sebagai juara umum, Kabupaten Rohil berhasil unggul dari 12 Kabupaten/Kota lainnya setelah meraih juara 1 sebanyak 12 cabang, juara 2 sebanyak 20 cabang dan juara 3 sebanyak 5 cabang dengan total nilai 95.

Sementara Jura kedua di raih Kota Pekanbaru dengan meraih juara 1 sebanyak 5 cabang, juara 2 sebanyak 10 cabang dan juara 3 sebanyak 3 cabang, dengan total nilai 58.

Urutan ketiga diraih Kabupaten Bengkalis dengan meraih juara 1 sebanyak 7 cabang, juara 2 sebanyak 4 cabang dan juara 3 sebanyak 7 cabang dengan total nilai 54 poin.

Selanjutnya, Kabupaten Kampar 34 poin, Siak 32 poin, Pelalawan 28 poin, Kepulauan Meranti dan Rokan Hulu 26 poin, Kuansing 17 poin, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir 13 poin, terakhir Kota Dumai 12 poin.

Wagubri Edy Natar Nasution yang menutup pelaksanaan MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022 dalam sambutannya mengatakan, Provinsi Riau akan maju sangat bergantung kepada sumber daya manusia (SDM), untuk mewujudkannya semua pihaknya harus memiliki perhatian yang besar terhadap peningkatan SDM.

Tentunya, untuk mewujudkan ini sasarannya adalah terwujudnya SDM bertakwa, pekerja keras yang dinamis, terampil, memiliki pengetahuan ilmu teknologi dan berahklaq mulia.

"Peran masyarakat Islam di Provinsi Riau sangat menentukan untuk mempersiapkan SDM yang unggul di Provinsi Riau dan ini disebut dalam Alquran dan Hadist," ucap Edy Natar Nasution, seperti rilis yang diterima.

Melalui momentum MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau tahun 2022 yang dilaksanakan di Rohil ini, lanjut Wagubri, umat muslim harus berpegang teguh menjadikan Alquran dan Hadist sebagai pegangan dan pedoman hidup yang hakiki untuk membentuk kepribadian umat Islam yang unggul di negeri berjuluk Lancang Kuning ini.

"MTQ ini merupakan sebuah momen bagi umat Islam untuk merefleksikan Alquran dengan membaca dan memahami sesuai standar yang disusun oleh para ulama. Karena bacaan yang bagus, hafalan lancar dan pemahaman benar yang di sajikan di MTQ ini merupakan salah cara umat Islam untuk mempedomani Alquran sebagai kaum yang bertakwa," beber Wagubri.

Lebih lanjut Wagubri mengatakan, MTQ ini sebagai sarana untuk mendorong generasi muda untuk meningkatkan kualitas bacaan, hafalan dan pemahaman Alquran.

"Melalui MTQ ini, kita berharap ke depan akan lahir generasi emas yang hatinya terikat dengan Alquran, dan memiliki semangat untuk mengetahui ilmu teknologi serta keinginan terus berinovasi untuk kemaslahatan umat dan bangsa yang kita cintai ini," harapnya.

Selain itu, orang nomor dua di Riau ini berharap melalui MTQ ini bisa dijadikan syiar Islam dan kegiatan yang positif yang bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat di Provinsi Riau untuk meningkatkan iman dan taqwa serta menjadi insan yang bertaqwa selama di dunia dan akhirat.

"Alhamdulillah pelaksanaan MTQ Riau tahun 2022 di Rohil berjalan aman dan lancar. Tahniah kepada peserta yang telah meraih prestasi. Kami berharap prestasi yang diraih dapat dijadikan sebagai motivasi untuk terus mengasa dan meningkatkan kemampuan. Begitu juga peserta yang belum meraih prestasi pada helat MTQ ini untuk terus belajar, agar bisa meraih prestasi ke depannya," pungkas Wagubri mengakhiri.

Sementara, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, atas nama pribadi dan masyarakat Rohil, orang nomor satu di Rohil ini mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah ikut mengsukseskan MTQ ke-XL Tingkat Provinsi Riau dari mulai acara pembukaan sampai ke acara penutupan malam ini.

"Kepada para Khafilah yang mendapatkan juara pada perhelatan kali ini, saya mengucapkan selamat dan tahniah, semoga prestasi yang diraih dapat berguna dan bermanfaat, " ucapnya.


Penulis: Redaksi

Editor: Ekas