Rohil

Ombudsman RI Melakukan Penilaian Pelayanan Publik Mendadak di Pemkab Rohil

Redaksi Redaksi
Ombudsman RI Melakukan Penilaian Pelayanan Publik Mendadak di Pemkab Rohil
Ekas for berkabar.com

BERKABAR.COM - Kepala Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Riau H Ahmad Fitri dan rombongan melakukan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik secara mendadak dan tanpa pemberitahuan di Kantor Dinas yang ada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rabu (15/9/2021) pagi.


Dinas yang pertama dilakukan penilaian oleh Ombudsman adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Rohil, lalu rombongan Ombudsman melakukan penilaian terhadap dinas lainnya dibidang pelayanan seperti Disdukcapil, RSUD, Puskesmas, Bappenda dan lainnya.


Mendengar kabar kedatangan Ombudsman RI di Rohil secara mendadak tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama Wakil Bupati H Sulaiman langsung datang menemui rombongan Ombudsman yang sedang melakukan peninjauan di DPMPTSP.


Bupati Rohil Afrizal Sintong langsung menemui rombongan Ombudsman RI Perwakilan Riau dan langsung membicarakan terkait pelayanan publik kepada masyarakat agar kedepan semakin baik dan meningkat, apalagi dirinya baru menjabat selama tiga bulan.


"Kami masih baru menjabat dan baru berjalan sekitar tiga bulan. Kami butuh bimbingan dan masukan bagaimana kedepannya terkait pelayanan publik ini lebih baik lagi kedepannya," ucap Bupati Afrizal kepada Kepala Ombudsman RI.


Bupati Afrizal Sintong menjelaskan, sampai tahun 2019 ini indeks pelayanan publik di Kabupaten Rohil berwarna merah maron dalam catatan Ombudsman. Untuk tahun 2021 ini, warna tersebut telah berubah menjadi warna hijau.


"Tahun 2021 ini sudah ada anggota Ombudsman yang turun melakukan penilaian, hasilnya hijau. Kepala Ombudsman kurang yakin dengan hasil itu, makanya kembali turun melakukan pengecekan, dan ternyata hasilnya sesuai," jelas Bupati Afrizal.


Orang nomor satu di Rohil ini berharap dengan dilaporkan nya hasil penilaian kepada pemerintah pusat, Kabupaten Rokan Hilir bisa meraih peringkat lima besar Se Indonesia.


"Ini jauh meningkat nya dari merah maron sampai hijau, artinya pelayanan kita sudah bagus," pungkas Bupati Afrizal.


Sementara Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau H Ahmad Fitri kepada awak media mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan ini dalam rangka melihat kembali kondisi pelayanan yang ada di kabupaten Rohil karena tahun-tahun sebelum nya Ombudsman juga sudah melihat bagaimana kondisi pelayanan yang ada di Rohil.


"Kebetulan dalam kunjungan ini kami juga bertemu dengan Bupati dan wakil bupati dan kami Ombudsman tentu menyampaikan kepada Bupati bagaimana sebaiknya Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan pelayanan publik," jelasnya.


Ahmad Fitri menambahkan, pihaknya juga menyampaikan khususnya yang ada di dinas penanaman modal ini bahwa secara umum melihat kondisi pelayanan sudah bagus dan tentu diharapkan kondisi seperti ini bisa di pertahankan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Rohil yang ingin mendapatkan pelayanan perizinan.


"Pagi ini kami melihat pelayanan yang ada di DPMPTSP, memang sipat kunjunganhan nya mendadak dan saya pun baru bertemu pagi ini dengan kadis dan kita melihat kondisi pelayanan yang ada di dinas ini," ujarnya.


Ahmad juga mengaku sejauh ini pihaknya belum pernah mendapat laporan dari masyarakat berkaitan dengan buruknya pelayanan di dinas yang ada di kabupaten Rokan Hilir.


Selama 2019 turun, cek warna kita maron, turunlah anggota 2021 hijau Rohil ini, jadi kepala kurang yakin dengan hasil kepala, dan di cek nya memang sesuai dengan penilaian ombudsman, dan ternyata sesuai mudahan kita dapat lima besar SE indo, jauh meningkat dari maron sampai hijau, artinya sudah bagus.


Sedangkan Kepala DPMPTSP Acil Rustianto menambahkan, beberapa pemeriksaan dan penilaian yang dilakukan Ombudsman diantaranya website pelayanan baik elektronik maupun manual seperti spanduk, kepastian waktu, alur perizinan, kotak pengaduan serta lainnya.


"Intinya Ombudsman ingin memastikan masyarakat dilayani dengan baik dan ada kepastian dalam pelayanan," terang Acil.

Penulis: Redaksi

Editor: Toni