• Home
  • Rohil
  • Sekretaris dan Tiga Staf DKPP Rohil, Masuk ke Meja Hijau

Pengadilan Tipikor Pekanbaru

Sekretaris dan Tiga Staf DKPP Rohil, Masuk ke Meja Hijau

Rabu, 28 September 2016 15:52:00
BAGIKAN:
Ilustrasi.Net

Berkabar.com - Sekretaris Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar (DKPP) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Iwan Kurnia dan tiga orang stafnya yaitu Afrizal, (bendahara), Ruslan Auhasba (PPTK) dan Asnawati (Kasubag Keuangan), Rabu (28/9) siang dihadirkan ke meja hijau Pengadilan Tipikor Pekanbaru, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Keempat terdakwa yang mengenakan kemeja putih dan rompi bertulisan Tahanan Kejaksaan Negeri Rokan Hilir itu, tampak tenang saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sugandi SH dan Niky Junesmero SH dan Adhi Thya Febricar, SH membacakan dakwaan perkara terdakwa.

Dalam persidangan yang dipimpin majelis hakim, Toni Irfan SH, diketahui perbuatan keempat terdakwa yang telah merugikan keuangan negara sebesar Rp1,8 Miiar itu terjadi pada 2015 lalu. Ketika itu DKPP Rohil mendapat anggaran untuk kegiatan pemeliharaan rutin atau berkala pada kendaraan dinas sebesar Rp3.915.000.000

Dalam pelaksaannya, dana tersebut tidak direalisasikan dengan baik oleh keempat terdakwa. Sehingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 1.866 697 484.

"Iwan Kurnia, selaku Kuasa Pengguna Anggaran, telah memperkaya diri sendiri dari tidak dapat mempertanggung jawabkan uang negara sebesar Rp 1,811.697.484. Kemudian terdakwa Ruslan Auhasba, selaku PPTK sebesar Rp 45 juta. Afrizal, Bendahara sebesar Rp 10 juta dan Asnawati, Kasubag Keuangan Rp 10 juta. Dengan total kerugian negara sebesar Rp 1.866 697 484." terang Sugandi.

Atas perbuatannya, keempat terdakwa dijerat dengan Pasal 2 ayat (1)Jo Pasal 3 Jo Pasal 18 UU RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUH Pidana," ujar Sugandi.

Usai dakwaan dibacakan, majelis hakim kemudian menunda sidang selama sepekan, dengan agenda selanjutnya eksepsi.

(rdk/rtc)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Empat Terdakwa Diadili di Pengadilan Tipikor Pekanbaru, Bertanggung Jawab Atas Perbuatannya

    Berkabar.com - Empat terdakwa korupsi pengadaan lahan untuk pembangunan pelabuhan Dorak di Kepulauan Meranti, yang menelan kerug

  • KOMENTAR