Peristiwa

Binatang Pengerat Berkeliaran di Rumah? Jangan Panik Ini 13 Tanaman Mencegah Tikus Masuk Rumah

Redaksi Redaksi
Binatang Pengerat Berkeliaran di Rumah? Jangan Panik Ini 13 Tanaman Mencegah Tikus Masuk Rumah

BERKABAR.COM - Tikus, meskipun sering dianggap sebagai hama, adalah makhluk yang menarik dan penuh dengan sifat-sifat unik. Keberhasilan mereka dalam beradaptasi dengan berbagai lingkungan membuat mereka menjadi subyek penelitian yang menarik di dunia ilmiah.
Tikus dikenal sebagai hewan yang sangat adaptif. Mereka dapat hidup di berbagai lingkungan, mulai dari kota besar hingga lahan pertanian. Kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan menjadikan Tikus juga terkenal karena tingkat kecerdasan mereka yang luar biasa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tikus dapat memecahkan masalah, mengingat pola, dan bahkan dapat diajari berbagai tugas. Kemampuan kognitif mereka telah menjadi fokus dalam penelitian ilmiah tentang pemahaman perilaku hewan.
Kendati begitu, saat populasi binatang ini banyak di rumah tentu menjadi persoalan tersendiri berikut 13 tanaman yang ditengarai kurang disukai binatang ini, apa saja?
13 Tanaman
Kompas.com - 13/11/2023, 07:00 WIB Aditya Priyatna Sejumlah wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Hal itu juga kemudian menyebabkan sejumlah hewan masuk ke dalam rumah. Salah satu hewan yang muncul di dalam rumah saat musim hujan, yakni tikus. Mencegah tikus masuk ke dalam rumah, bisa dilakukan dengan menanam sejumlah tanaman di pekarangan atau kebun sekitar rumah.
Lantas, apa saja tanaman yang bisa mencegah tikus masuk rumah?
Berikut 13 tanaman yang berguna untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah dikutip dari kompas.com:
1. Rosemary
Rosemary sudah banyak digunakan dalam berbagai hal, seperti bumbu tambahan kuliner, minyak wangi, dan ramuan obat. Dikutip dari PondInformer, tanaman ini juga dapat digunakan untuk mencegah tikus masuk rumah. Rosemary mempunyai aroma daun yang cukup untuk untuk menjauhkan rumah dari tikus yang ingin masuk.
Jika ingin lebih efektif, cobalah untuk memotong daunnya agar aroma yang muncul semakin pekat. Selain itu, rosemary juga merupakan tanaman yang cukup aman jika di rumah ada hewan peliharaan dan anak-anak.
2. Euphorbia milii
Tanaman yang dikenal juga sebagai mahkota duri karena pucuknya yang runcing ini dapat mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Terdapat dua aspek yang ada di bunga ini untuk mencegah tikus, yakni aspek eksternal dan internal.
Aspek eksternal melalui duri-durinya yang bisa melukai tikus dan aspek internal dari getah yang ada di dalam batangnya. Getah dari tanaman ini cukup beracun bagi tikus.
Sementara jik terkena durinya, tikus tidak kebal terhadap iritasi parah yang ditimbulkannya. Perlu diketahui, Euphorbia milii dapat berfungsi secara efektif bila ditempatkan dengan tepat, seperti di sela-sela kecil rumah.
3. Krisan
Krisan atau chrysanthemum merupakan tanaman bunga yang dapat berguna sebagai pencegah tikus masuk rumah. Hal itu karena bunganya yang mengandung senyawa.
Pusat kuning bunganya yang dicampur dengan piretrin digunakan sebagai pestisida alami terpenting di dunia. Karena piretrin bersifat organik dan aman, banyak petani yang menggunakannya dengan cukup mengeringkan bunga krisan untuk mengumpulkan zat tersebut secara manual.
Namun, agar efektif, tanaman harus dipelihara secara teratur untuk mencegah serangan hama termasuk tikus. 4. Lada hitam
Tanaman yang sering dijadikan bumbu tambahan cita rasa kuliner ini bisa menjadi pencegah hama seperti tikus masuk rumah Aroma yang kuat dari lada hitam ini cukup menyengat sehingga dapat mengusik indera penciuman tikus.
Aroma lada hitam tersebut berasal dari piperin, senyawa fitokimia yang beracun bagi tikus dan menyebabkan iritasi pada hidung mereka.
5.Elderberry
Tanaman semak ini bisa menjadi racun bagi tikus, sehingga bisa mencegah atau mengusir hama tersebut dari rumah. Ekstrak buah dan kulit kayu dari elderberry beracun bagi tikus bila dikonsumsi dalam dosis besar. Glikosida dalam tanaman ini dikenal berbahaya, meskipun mereka juga dikaitkan dengan manfaat obat ketika diterapkan dalam dosis yang tepat. Sehingga, sebaiknya hindari menanam semak elderberry di pekarangan jika sering dikunjungi oleh hewan peliharaan dan anak-anak.
6.Pepermin
Daun pepermin dapat mencegah tikus masuk rumah karena mengeluarkan aroma mint yang tidak disukai tikus. Untuk mendapatkan aroma yang lebih menyengat, cukup meremasnya dengan tangan atau memotong daunnya. Pulegone dan menthose diyakini dapat mencegah atau mengusir tikus. Dua fitokimia tersebut merupakan penghasil aroma dari pepermin.
7. Pergamot
Bergamot yang sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman penghasil aroma parfum dapat mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Komponen utama bergamot seperti linalool, limonene, dan linalyl acetate dapat mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Hal itu karena tikus tidak menyukai aroma kuat yang disebarkan oleh minyak tersebut.
Aroma ini dapat mengacaukan penciuman mereka. Jika tidak dapat menanam tanaman ini, minyaknya juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mencegah tikus.
8. Bawang
Selain menjadi bahan dapur, bawang juga bisa dijadikan tanaman untuk mencegah tikus masuk rumah. Hal itu karena bawang menghasilkan bau dari senyawa allicin yang cukup menyengat sehingga tikus tidak suka dengannya. Tikus diketahui cukup sensitif terhadap bau menyengat dan mereka mempunai penciuman yang tajam.
9. Daffodil
Dilansir dari TomsGuide, daffodil yang mempunyai warna bunga yang cerah dan menarik untuk dilihat ini bisa mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Aroma yang dihasilkan oleh kombinasi terpenoid beracun bagi hewan kecil berdarah panas, salah satunya tikus.
Selain itu, tanaman ini juga mengandung Lycorine dan alkaloid yang dapat menyebabkan diare, muntah, dan kematian bagi hewan kecil. Jadi, jika memiliki hewan peliharaan di dalam ruangan, jauhkan dari jangkauan mereka.
10. Lavender
Meski disukai oleh manusia, aroma yang dikeluarkan dari tanaman berwarna ungu ini tidak disukai oleh sebagian besar serangga dan hewan pengerat seperti tikus. Lavender dapat dipanen, dikeringkan, dan digantung di sekitar rumah untuk membuat rumah terlindungi dari serangan tikus. Selain itu, lavender yang sudah dipanen dan dikeringkan juga bisa dimasukkan ke dalam sachet kecil kemudian diselipkan ke celah rumah.
11. Serai
Serai merupakan tanaman tropis seperti rumput yang populer dengan aroma jeruk yang segar. Rupanya, aroma segar tersebut tidak disukai oleh sejumlah hama, salah satunya tikus dengan menanamnya di luar ruangan. Namun, jika tidak ada tempat di luar ruangan untuk menanamnya, bisa membeli lilin serai yang kemudian dinyalakan atau membeli minyak esensialnya untuk disemprotkan di sela-sela rumah.
12. Catnip
Dikutip dari BestLife, catnip yang merupakan tanaman populer yang disukai kucing bisa menjadi pencegah tikus masuk rumah. Tanaman bernama latin Nepeta cataria ini memiliki komposisi senyawa kimia yang tidak disukai oleh tikus, yakni nepetalakton.
Disarankan, tempatkan tanaman catnip secara strategis di titik-titik yang sekiranya menjadi celah tikus masuk rumah.
13. Marigold
Tanaman bunga marigold bisa menjadi tanaman yang ampuh untuk mencegah ataupun mengusir serangan tikus ke rumah. Hal itu karena marigold mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai oleh hewan pengerat tersebut. Sementara bagi manusia, aromanya cukup menarik untuk dihirup karena harum.
Nah itulah 13 tanaman yang tidak disukai tikus yang membuat binatang epngerat ini enggen mendekat. Semoga bermanfaat.***



Penulis: Redaksi