Pihak PT IBP Akui Ada Tumpahan Minyak

Kamis, 03 Oktober 2019 22:24:00
BAGIKAN:
ist/net

BERKABAR.COM - Perusahaan pengolahan minyak mentah kelapa sawit, PT Inti Benua Perkasatama (IBP) di Kota Dumai mengalami kejadian tumpahan minyak.

Kejadian itu terjadi pada Kamis (3/9/19) pagi di kawasan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Dumai. Tumpahan minyak itu menutupi permukaan air di drainase dekat operasi PT IBP.

Humas PT Inti Benua Perkasatama, Sarmin tidak menampik adanya insiden tumpahan minyak tersebut. "Benar minyak tumpah 100 kg," jawabnya melalui pesan singkat whatsapp malam ini.

Dipertegas media ini terkait jumlah minyak yang tumpah, sebab sesuai informasi dilapangan jumlahnya cukup banyak, Sarmin mengatakan benar adanya. "Iya pak," jawabnya singkat.

Sementara pihak PT Pelindo Dumai Muhammad Syafei dikonfirmasi wartawan tidak mengetahui insiden tumpahan minyak dari perusahaan PT Inti Benua Perkasatama. "Sabar ya, saya cek dulu. Soalnya saya belum ada informasi," jawabnya.

Sedangkan pengamat lingkungan Tussofa berharap kepada pemerintah Kota Dumai melalui instansi terkait untuk memberikan sanksi tegas kepada perusahaan yang kerap mengalami insiden tumpahan minyak.

"Sanksi lingkungan harusnya dijalankan. Begitu juga dengan perusahaan yang menyewakan lahan. Jangan ambil untung saja, tapi dampak lingkungan juga harus diperhatikan," katanya terpisah.

Menurutnya, selama ini pemerintah daerah belum pernah memberikan sanksi tegas kepada perusahaan yang lalai dalam menjalankan usahannya hingga mencemari lingkungan.

"Belum ada pemerintah daerah memberikan sanksi kepada perusahaan yang mengalami insiden tumpahan minyak. Coba sebutkan satu perusahaan yang mendapatkan sanksi tegas," tanya Tussofa. 

Sebagai data pendukung pasca tumpahan minyak terjadi, PT Inti Benua Perkasatama melakukan pembersihan di lokasi yang tercemar minyak tumpah dengan cara manual dan alat seadanya.




Sumber: riauheadline

BAGIKAN:
KOMENTAR