Dumai

Angin Kencang Pohon Tumbang Menutupi Jalan di Dumai

Redaksi Redaksi
Angin Kencang Pohon Tumbang Menutupi Jalan di Dumai

BERKABAR.COM - Pohon Angsana yang berjejer di sepanjang Jalan Soekarno " Hatta mengarah ke Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Selasa (4/6/2024) sekitar pukul 14.00 Wib, porak poranda dan patah-patah setelah diterjang angin kencang.

Kondisi ini membuat kelancaran arus lalu lintas sempat tersendat lantaran dahan kayu yang patah menutupi ruas badan jalan.

Porak porandanya puluhan batang pepohonan akibat kencangnya tiupan angin tersebut setidaknya tidak membuat sebagian masyarakat khususnya yang berada di sekitar lokasi kejadian sedikit terkejut. Terlebih suara dari sambaran petir dan kilat yang menggelegar di angkasa terdengar begitu keras.

”Memang, angin yang bertiup itu kencang sekali. Ditambah petir dan kilat dan diakhiri dengan turunnya hujan,” kata Hasan (54) warga Bukit Kapur seraya menambahkan dahan pohon yang patah akibat tiupan angin kencang tersebut banyak yang menutupi ruas badan jalan.

Saat kencangnya angin yang bertiup dan memporakporandakan puluhan pepohonan jenis Angsana, suasana arus lalu lintas di Jalan Soekarno " Hatta terasa agak sepi. Sehingga tidak mengherankan bila sebagian pengguna jalan sedikit terheran-heran.

”Waktu itu, hujan turun. Sebagai pengguna jalan, saya memilih berteduh dulu. Setelah hujan reda, kembali melanjutkan perjalanan mengarah ke Bagan Besar,” kata Sanusi (44) warga Bagan Besar.

Sepanjang jalan, lanjut Sanusi, sudah banyak petugas yang melakukan pembersihan ruas badan jalan yang tertutup oleh dahan pohon yang patah.

”Dari sini baru saya tau kalau ada dahan pohon yang tumbang. Dan ternyata memang banyak sekali dahan pohon yang patah itu,” kata Sanusi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai, Agus Gunawan yang dihubungi wartawan, Selasa (4/6) membenarkan tentang banyaknya dahan pohon yang patah dan menutupi ruas badan jalan akibat tiupan angin kencang tersebut. ”Puluhan batang pohon Angsana yang porak poranda itu murni akibat pengaruh dari kencangnya angin yang bertiup,” kata Agus membenarkan.

Mendapat informasi tentang banyaknya dahan pohon Angsana yang patah dan menutupi ruas badan Jalan Soekarno " Hatta, lanjut Agus, puluhan anggota dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai langsung meluncur ke lokasi kejadian. Guna memudahkan jalannya evaluasi sejumlah dahan pohon Angsana yang patah tersebut, anggota Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai juga membawa sejumlah peralatan.

”Setiba di lokasi, langsung dilakukan pembersihan. Ruas badan jalan yang tertutup dahan itu harus dibersihkan. Setelah bersih, arus lintas kembali normal seperti semula,” kata Agus. (rio)


Sumber: dumaiposnews.com

Penulis: Redaksi

Editor: Iwan