• Home
  • Dumai
  • Legislator Dumai Terima Ranperda SOTK

Zul AS: Lansing Struktur Padat Fungsinya

Legislator Dumai Terima Ranperda SOTK

Kamis, 01 September 2016 17:24:00
BAGIKAN:

Berkabar.Com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai telah menerima rancangan peraturan daerah perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) pemerintah daerah dan dilaksanakan tahap paripurna, Kamis (01/09/2016). Dilaksanakan paripurna penjelasan Walikota Dumai tentang Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.
 
Wakil Ketua I DPRD Kota Dumai, Idrus ST menjelaskan bahwa ranperda SOTK yang merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut. Draf ranperda ini akan segera dibahas supaya dapat lekas disahkan.
 
Dari rapat penjelasan Walikota Dumai, sambung politisi Gerindra itu, diharapkan muncul komitmen bersama untuk menuntaskan pengesahan ranperda ini secepat mungkin. Mengingat masih ada sejumlah agenda lain berkenaan legislasi daerah yang juga mesti digegas hingga akhir tahun.
 
“Saya estimasi (pembahasan ranperda.red) tidak berlangsung lama,” kata politisi muda itu. Perlu lebih cepat agar bisa turut disesuaikan dengan pembahasan alokasi anggaran daerah tahun depan.
 
Terpisah, WaliKota Dumai, Zulkifli AS menegaskan bahwa efisiensi sebagai tata dasar penyusunannya susunan SOTK baru di Pemko Dumai. “Yang kami ingini itu langsing di struktur, padat di fungsi,” kata Zul AS sapaan akrabnya.
 
Langsing di struktur, kata Zul AS, adalah perkara jumlah SOTK. Dari yang sebelumnya berjumlah 26 unit kerja dipastikan terjadi pengurangan hingga 23-24 dinas saja.
 
“Banyak fungsi yang digabungkan ini jadi mengurangi bobot,” katanya. Bobot yang dimaksudkan adalah menyangkut pembiayaan rutin masing-masing dinas yang bersumber dari anggaran daerah.
 
Hanya saja belum dapat diterakan nilai rincian penghematan anggaran dari rencana penyusutan SOTK ini. “Kalau masih pakai dinas tentu tipikal kebutuhannya besar. Lain jika sudah disusut dan digabungkan,” tutup Zul AS.
 
Penulis: Nawi
 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Wakil Ketua DPRD Dumai Menjangkau Pinggiran Demi Suksesi Pembangunan

    Berkabar.com - Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin SH menjemput aspirasi masyarakat di Kelurahan Batu Teritip, Kecamatan Sungai Sembilan bersama Walikota Du

  • Zul AS Safari Ramadhan Di Tanjung Palas Dumai

    Berkabar.com - Tepat Di belakang Kilang Pertamina Walikota dan Rombongan Melakukan Shalat Tarawih Berjamaah di Mesjid Al Muttaqi

  • Gubernur Riau Blusukan Ke Dumai

    Berkabar.com - Disela-sela kunjungan kerjanya, setelah membuka serta melepas kegiatan lomba mancing di Pelabuhan Tempat Pelalawa

  • Pasca Pemberitaan Proyek PGN, Wartawan Dumai Dipaksa Ungkap Narasumber

    Berkabar.com - Ketua Komisi III DPRD Dumai, Hasrizal diduga melakukan ancaman verbal terhadap seorang jurnalis di Kota Dumai. Pa

  • KOMENTAR