• Home
  • Dumai
  • Jelang HDKD ke-74 Tahun, Imigrasi Dumai Buka Layanan Walk-In

Sabtu Tetap Melayani Pembuatan Paspor

Jelang HDKD ke-74 Tahun, Imigrasi Dumai Buka Layanan Walk-In

Sabtu, 12 Oktober 2019 21:28:00
BAGIKAN:
ist/net

BERKABAR.COM - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memperingati Hari Dharma Karyadhika (HDKD) pada 30 Oktober 2019 mendatang.

Menjelang hari lahir Kemenkumham ke-74 tahun tersebut, Kantor Imigrasi Kelas ll TPI Dumai menggelar ragam kegiatan untuk memeriahkan hari kelahiran HDKD.

Salah satunya melayani pembuatan paspor dengan mekanisme walk in. Yakni pemohon datang langsung mengajukan permohonan ke kantor dan pelayanan tanpa melalui pendaftaran online.

Dimana pelayanan khusus pembuatan paspor ini digelar pada Sabtu (12/10/19) dean Sabtu (19/10/19) mendatang.

Pelayanan yang pernah dilakukan seperti tahun lalu ini dalam upaya meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat Dumai dan sekitarnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Dumai Gelora Adil Ginting saat dikonfirmasi berkabar.com melalui Kasi Lalulintas dan Ijin Tinggal, Dyka Laksana didampingi Kasubsi Ijin Tinggal, Eko Santoso, mengatakan, pelayanan ini dimaksudkan untuk mempermudah pemohon yang tidak bisa mendaftar secara online.

"Pelayanan ini khusus bagi pemohon yang tidak bisa mendaftar secara online dan kuotanya terbatas. Untuk 20 pemohon saja. Pemohon cukup pergi ke kantor dan langsung kita layanan," ucap Dyka, Sabtu (12/10/19).

Pelayanan khusus pembuatan paspor baru dan pelayanan ini, tambah Eko, dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.

"Ini merupakan wujud kepedulian kami sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membantu dan mempermudah layanan," terangnya.

Ditaambahkannya, saat ini Kantor Imigrasi Kelas II TPI Dumai terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada pemohon untuk mengurus paspor. Terkait syarat-syarat pembuatan atau perpanjangan paspor, harus tetap dilengkapi saat pembuatan.

Mekanismenya, pemohon datang ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Dumai di Jalan Yos Sudarso dengan membawa persyaratan diantaranya KTP el, Kartu Keluarga dan Ijazah/Akta Kelahiran/Buku Nikah. Sementara pembayaran PNBP paspor dapat dilakukan di bank ataupun kantor pos.

"Intinya, membuat papor itu mudah dan kami memastikan kenyamanan layanan pemohon. Kami merencanakan tahun depan akan melakukan renovasi ruangan pelayanan. Tujuannya untuk meningkatkan mutu layanan publik," ucapnya.

Pantauan Berkabar.com di Kantor Imigrasi Dumai, task beberapa pemohon memanfaatkan layanan pembuatan paspor pada digelar khusus diluar hari kerja tersebut.

Sementara itu, Bulan Bakti Dharma Karyadhika yang berlangsung hingga 30 Oktober 2019 ini mengusung tema "Transformasi Meraih Kinerja PASTI".

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan selama berlangsungnya Bulan Bakti Dharma Karyadhika tahun ini. Diantaranya olahraga jalan santai yang ditujukan sebagai ajang silaturahmi sekaligus mendapat manfaat kesehatan bagi pegawai.

"Disamping itu juga digelar perlombaan Squat Challenge yang digelar di Rutan Dumai. Tahun ini Imigrasi Dumai juga melakukan silaturahim ke panti asuhan. Sementara hari puncaknya, Upacara HDKD digelar Senin 30 Oktober 2019, yang rencana awalnya digelar di Rutan Dumai," pungkasnya.

 

Penulis : Iwan

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Imigrasi Tembilahan Gelar Sosialisasi

    Berkabar.com - Kantor Imigrasi kelas II Tembilahan telah melakukan sosialisasi pencegahan Tenaga Kerja Indonesia ilegal atau non

  • Sembilan Imigran Ilegal Dilimpah ke kantor Imigrasi

    Berkabar.com - Sembilan warga asal Banglades diamankan tim Patroli TNI Angkatan Laut di perairan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Ria

  • 61 Warga Bangladesh Segera Dideportasi dari Dumai

    Berkabar.com - Imigrasi Klas II Dumai segera melakukan deportasi terhadap 61 Warga Negara Bangladesh yang berhasil diamankan d
  • Setelah Singapura, Giliran Imigrasi Malaysia Kurang Ajar Sama WNI

    Berkabar.com - Lagi-lagi warga negara Indonesia (WNI) diperlakukan seperti penjahat oleh negara tetangga. Setelah Letjen (Purn)

  • KOMENTAR
    heriweb